Perangkat Input dan Output pada Komputer

Perangkat Input dan Output pada Komputer

Komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara ataupun video. Perangkat input dan output sendiri sering disebut dengan istilah I/O, yang artinya adalah bagian sistem mikroprosesor yang berfungsi menghubungkan dan menyambungkan alat/perangkat luar dengan komputer. Benda yang termasuk dalam perangkat input dan output diantaranya  keyboard, mouse, joy stick, trackball, track point, lightpen, touch pad, layar, printer, speaker, scanner. 

Perangkat Input Komputer 

Perangkat input adalah perangkat masukkan untuk unit komputer yang cara kerjanya memberikan perintah secara langsung dengan menghasilkan informasi berbentuk digital kepada para pengguna. 

Macam-macam perangkat input pada komputer :

1. Keyboard


Keyboard adalah perangkat input untuk memasukkan data yang berupa angka, simbol, simbol, dan lain-lain. Keyboard merupakan perangkat penting dalam computer. Tanpa keyboard pasti komputer tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Untuk huruf, terdapat huruf A sampai Z sedangkan tanda baca berupa koma, titik, perintah, tanya. Ada simbol garis miring, titik dua, kurung, persen, pagar, bintang, tanda kutip, dan lain sebagainya. Juga ada angka 0 hingga 9.

2. Mouse

Mouse berfungsi sebagai alat penunjuk saat mengoperasikan komputer. Mouse yang tergolong dalam input device yang menerima input dengan gerakan dan menekan tombol untuk memilih teks, icon, dan folder tertentu. Mouse juga umumnya dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang gunanya sebagai pengganti tombol enter dan select pada keyboard.

3. Joy stick

Joystick adalah alat penuding secara tidak langsung. Joystick berfungsi mengendalikan kursor pada komputer menggunakan gerakan atau tekanan pada tuas. Biasanya digunakan untuk mengoperasikan objek pada permainan game.

4. Trackball

Trackball berfungsi untuk menggerakkan layar secara vertikal (naik / turun). Trackball memudahkan pengguna dalam menggeser atau memindahkan halaman. Trackball berbentuk kecil bulat yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah, biasanya terletak di tengah atas mouse.

5. Track point

Track point adalah piranti keras pengganti mouse untuk menggerakan kursor pada layer. Tombol tengah track point dapat digunakan untuk menggulir dokumen atau halaman web. Tombol tersebut juga dapat digunakan untuk mengaktifkan kaca pembesar yang memperbesar item di layar.

6. Light pen

Light pen adalah alat untuk layar sentuh sebagai pengganti jari tangan. Light pen sering dipakai untuk keperluan grafis atau menggambar. Bentuknya seperti pulpen dan mengeluarkan sensor cahaya saat ujung pena digoreskan pada layar monitor. Jadi kita dapat menulis maupun menggambar dengan mudah.

7. Touch pad


Touchpad merupakan perangkat input yang bekerja seperti mouse yaitu sebagai kursor. Bedanya mouse termasuk portable device yang dapat dipasang dan dilepas. Kalau touch pad biasanya terdapat pada laptop atau notebook yang sudah terpasang permanen. Cara penggunaannya dengan menggerakkan jari pada permukaan touch pad.

8. Touchscreen

Touchscreen adalah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital.

9. Voice recognition

Voice recognition termasuk artificial intelligence untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Berfungsi untuk mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat. 

10. Finger print

Fingerprint adalah sebuah alat elektronik yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang untuk keperluan verifikasi identitas. Sebelum sensor fingerprint ditemukan, dulu sebuah data hanya di amankan dengan menggunakan password atau ID dan ada juga yang menggunakan pola.

11. Scanner

Scanner adalah perangkat input yang berfungsi mencopy data objek lalu dipindahkan kedalam memori yang dapat dilihat hasilnya pada layer monitor.

Perangkat Output Komputer

Perangkat output atau output device adalah piranti pada komputer yang dapat menghasilkan atau menampilkan keluaran (output) dari hasil pengolahan data.

Macam-macam perangkat output pada komputer :

1.   Monitor

Monitor adalah perangkat keras berjenis output yang digunakan untuk menerjemahkan data digital sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Monitor adalah perangkat output yang sangat penting dari komputer, karena tanpa kehadirannya, pengguna tidak akan bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

2.   Printer

Printer termasuk perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak data dari komputer, baik berupa teks maupun gambar / foto. 

3.   Speaker 

Speaker ialah perangkat keras yang dapat menghasilkan data berupa audio / suara. Piranti ini bisa juga disebut sebagai pengeras suara, karena mampu mengeluarkan volume suara yang menggelegar.

Bahan Diskusi

1.   Apakah pengaruh perkembangan software dan hardware pada interface user dan berikan contohnya!

Dengan semakin berkembangnya teknologi software dan hardware pun akan berkembang, dengan perkembangan ini otomatis akan berdampak pada interface user yang akan mempermudah penggunaan. Contohnya saat ini ada banyak software dengan banyak kegunaan bagi user, hal ini tentu perlu hardware yang mumpuni dan sesuai agar dapat memberikan keuntungan maksimal saat digunakan bagi user. Contohnya lagi yang pernah terjadi pada windows 7, salah satu kelebihan windows 7 adalah mudah dalam penginstalan software namun hal tersebut juga yang menjadi kelemahanya. Mudah menginstal software sama dengan cepat melambat dalam proses karna menyebabkan processor dipaksakan harus bekerja dengan cepat, tentu saja hal ini menimbulkan pengaruh negatif terhadap kepuasan dalam interface user.

2.   Mengapa dalam perkembangan software pada saat ini membutuhkan semakin meningkatnya kebutuhan resource hardware?

Karena pihak developer akan membuat inovasi dan perbaikan terus pada sebuah software yang lebih baik dari pendahulunya seperti menambah fitur-fitur baru atau memperbaikinya. Dengan bertambahnya waktu maka software tersebut akan semakin banyak fitur-fitur didalamnya. Dan untuk memaksimalkan proses, sebuah software akan membutuhkan banyak proses dan program lainnya untuk menjalankan software tersebut. Aplikasi akan menampilkan banyak fitur yang tentunya akan menambahkan beban pada RAM.


Komentar